Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 3 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)

Table of Contents

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.  

Menjaga Kearifan Lokal pada Masyarakat Baduy di Lebak
Masyarakat Baduy atau Suku Baduy merupakan subetnis Sunda yang hidup berdampingan dengan alam Pegunungan Kendeng, di Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Masyarakat Baduy termasuk masyarakat tradisional yang masih berpegang teguh pada tradisi leluhur yang disebut "pikukuh". Pikukuh Baduy adalah sebuah larangan adat yang menjadi pedoman bagi aktivitas masyarakat Baduy yang berdasarkan ajaran Sunda Wiwitan. Sunda Wiwitan adalah suatu kepercayaan pemujaan terhadap alam dan roh- roh leluhur yang dianut oleh masyarakat asli suku Sunda sebelum datangnya ajaran Hindu dan Islam.

Masyarakat Baduy tidak boleh mengubah dan melanggar segala aturan yang ada dalam kehidupannya. Kepala adat masyarakat Baduy dijuluki Puun. Pu'un adalah keturunan karuhun (leluhur) yang berkewajiban menjaga pancen bumi atau aturan yang berlaku di bumi dan sanggup menuntun warganya berpedoman pada pikukuh atau ketentuan adat yang mutlak harus ditaati. Oleh karena itu, Pu'un harus dihormati dan segala aturannya harus diikuti.

Salah satu aturan tersebut adalah agar masyarakat menjaga dan melindungi dengan baik lingkungan alamnya dan tidak saling menggusur sehingga ada keselarasan hidup antara manusia dan alam lingkungannya. Semua kegiatan seperti menebang, mencabut, dan memotong tanaman harus menggunakan aturan-aturan adat. Dengan demikian, masyarakat dapat menyatu dengan lingkungannya, tumbuh dan berkembang berdampingan.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Baduy sangat memegang teguh norma adat istiadat yang telah berlangsung secara turun-temurun. Mereka dengan sukarela menjalankan setiap norma dan aturan yang ada dengan harapan agar harmoni antara manusia dan alam dapat terus terjaga.

1. Fungsi pikukuh pada masyarakat Baduy dalam mengatur kehidupannya bersifat
A. mutlak berlaku pada seluruh anggota masyarakatnya
B. alternatif sebagai pilihan hidup yang dipimpin oleh Pu'un
C. kolektif yang berupa kesepakatan antara warga yang ada
D. normatif sebagai aturan pokok yang dapat dikembangkan
E. tentatif sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi di lapangan

2.Berdasarkan teks, jodohkan pertanyaan pada kolom A dengan jawaban pada kolom B.

Download

Pembahasan

Lihat Juga:

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 1 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 2 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Soal Model AKM Sosiologi Kelas XI Bab 1. 4 Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka) 

Fase F (Kelas XI):
Materi Sosiologi Kelas XI (Fase F) CP 1:
Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 1: Kelompok Sosial (Kurikulum Merdeka)
Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Materi Sosiologi Kelas XI (Fase F) CP 2:
Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 3: Konflik Sosial (Kurikulum Merdeka)
Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 4: Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment